Semarak LDKS : Kepemimpinan Santri Adalah kunci

Kota Bima (13/2), Program Boarding school MTsN 1 Kota Bima kembali hadir dengan menyelenggarakan kegiatan LDKS Outdoor. Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen lembaga pendidikan dalam mencetak generasi emas masa depan bangsa. Latihan dasar kepemimpinan ini merupakan keberlanjutan LDKS Indoor yang diselenggarakan di aula Perpustakaan kota Bima beberapa waktu lalu.

LDKS outdoor ini berlangsung selama 2 hari yaitu 11 – 12 Februari 2023 bertempat di Pos Angkatan laut pantai lariti desa Soro kec. Lambu. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh santri kelas VIII sebagai calon pengurus ISBS (Ikatan santri Boarding school), turut hadir jajaran pimpinan MTsN 1 kota Bima yaitu Drs. H. M. Adnan selaku kepala madrasah, M. Fadil, S.E selaku kepala TU, Nurhasanah, S.Pd selaku waka humas.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut yaitu membentuk jiwa kepemimpinan para santri calon pengurus ISBS. Diharapkan mereka mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya secara maksimal dan bertanggung jawab sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh madrasah.

Kegiatan LDKS dibuka secara resmi oleh bapak kepala madrasah, Drs. H.M. Adnan. Pembukaan tersebut dilaksanakan dengan gegap gempita, pasalnya pengibaran sang merah putih diiringi tim paskibraka boarding school MTsN 1 Kota Bima. Hal ini menjadikan prosesi kegiatan semakin hikmad.

 

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi LDKS. Tujuannya agar para peserta semakin memahami materi secara teoritis dan praktis. Selain itu melalui proses tersebut panitia juga bisa mengetahui dan memahami pada sub pembahasan apa yang belum dikuasai oleh peserta.

Pada kesempatan yg lain, para peserta diberikan kesempatan untuk memberikan penampilan sebagaimana rutinitas di Boarding school, diantaranya adalah menghafal hadist dan Muhadharah (pidato) dalam berbagai bahasa Asing. Para santri dgn lugas dan tegas menyampaikan materinya dengan sangat baik. Hal ini menunjukkan mereka layak dan pantas menjadi pemimpin masa depan bangsa ini.

Kegiatan malam diisi dengan pembekalan imtaq, para peserta disugukan pertanyaan hafalan alquran sekaligus menebak irama bacaan yang dilantunkan. Para santri juga saling sambung ayat alquran satu sama lain, nampaknya mereka sangat menikmati rangkaian kegiatan pada kesempatan tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan perenungan. Siswa duduk membentuk lingkaran, mengeliling api unggun yang menyala-nyala mengisyaratkan semangat yang menggelora. Syair demi syair indah dibacakan, para santri terdiam seribu bahasa, Rasa rindu dan rasa bersalah bercampur menjadi satu. Tak ada kata namun hanya ada air mata.

Menangis bukan pertanda kelemahan, menangis adalah luapan rasa rindu yang tak tertahankan, menangis adalah bahasa hati, hanya bisa terdeteksi dengan perasaan yang terdalam.

Setelah kegiatan perenungan usai, para santri diistirahatkan guna mempersiapkan diri pada acara puncak yaitu Jelajah kepimpinan. Pada kegiatan tersebut santri akan melalui beberapa pos untuk diuji secara teoritis dan praktis tentang nilai-nilai kepemimpinan, public Speaking dan keorganisasian.

Pada pagi harinya siswa melaksanakan senam bersama sembari menikmati panorama keindahan pantai lariti. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dgn upacara penutupan LDKS yang dipimpin langsung oleh Ustadz Idham, S.Pd.I selaku ketua program.

Kegiatan diakhir dengan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menikmati wisata pantai lariti bersama keluarga sebelum perpulangan kembali menuju kota Bima.

Oleh : Tim Pers dan Media Boarding school MTsN 1 Kota Bima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *